[Tugas 2 Penerapan Komputer] - Cara Mencari dan Memastikan Informasi Valid






Pengantar
Google Search adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Google.Inc. Google search merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet, hal ini karena mesin pencari Google dianggap paling cepat dalam memproses pencarian dan memiliki banyak hasil pecarian.
Begitu banyak kegunaan Google search yang bisa kita gunakan, seperti mencari kebenaran dari informasi yang kita dapatkan di internet. Fitur yang bisa kita gunakan seperti Google Fact Check Tools, fitur "site:(website) -inurl:https", fitur "-site:(website) "(kalimat yang ingin diperiksa)"", Google Image, Google Scholar dan Google Books.



Fitur

Google Fact Check Tools


Salah satu fitur yang disediakan Google adalah Google Fact Check Tools. Fitur ini dapat mencari suatu kebenaran sesuatu dari kalimat. Google Fact Check Tools juga baru mendukung Bahasa Indonesia, namun penemuan menggunakan Bahasa Indonesia masih belum terlalu banyak. Penggunaan fitur ini cukup mudah, hanya dengan mencari di mesin pencari Google dan klik pada pilihan Google Fact Check Tools.


Menemukan Halaman Web yang Tidak Aman

Website yang aman biasanya memberikan penjelasan yang pasti valid. Website yang aman biasanya menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), karena HTTPS adalah bentuk protokol yang paling valid dan aman.


Menemukan Duplikat dari Sebuah Web
Suatu informasi yang valid merupakan informasi yang bukan merupakan duplikat dari web lain, fitur ini dapat memeriksa teks yang diduplikasi dari web lain.


Google Image
Google Image dapat diguanakan untuk memastikan kebenaran suatu gambar, fitur ini sudah lama digunkanan namun masih banyak orang yang belum menggunakannya. Cukup mudah menggunakan fitur ini, pertama klik gambar kamera pada ujung kiri kolom pencarian, lalu unggah gambar yang ingin diperiksa kebenarannya.


Google Scholar dan Google Books
Google Cendekia dan Google Books adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk memeriksa kebenaran suatu informasi dengan menggunakan buku atau jurnal.


Penutup
Mungkin hanya beberapa yang dapat saya jelaskan, tapi saya harap bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih.

GSeptian

Alfariz Gilang Septian G64190066

Tidak ada komentar:

Posting Komentar