[Tugas 1 Penerapan Komputer] - Cara Penggunaan Google Presentation


   








Pengantar

Google adalah mesin pencari yang sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya sebagai mesin pencari saja, Google juga menawarkan aplikasi web dan seluler yang sangat berguna. Alat tersebut adalah Google Slides. Jika anda belum menggunakan Google Slides, cobalah sekarang. Google Slides adalah alternatif yang bagus untuk peralatan kantor profesional, selain itu juga Google Slides merupakan alat yang disediakan gratis.

Google Slides tersedia sebagai aplikasi pada web maupun seluler, di web kita hanya harus mencari di kolom pencarian Google dan memilih Google Slides. Penggunaan pada seluler dapat juga dilakukan di web, atau mungkin jika ingin lebih mudah, pengguna dapat mengunduh aplikasi Google Slides itu sendiri.

Google Slides memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit presentasi secara online secara individu maupun kelompok. Setiap pengguna yang mendapatkan izin mengubah presentasi dibedakan oleh warna kursor yang ditampilkan. Pemilik presentasi juga dapat mengatur siapa saja yang dapat mengubah isi presentasi, atau hanya bisa memberikan komentar, atau hanya melihat saja.

Google Slides memiliki banyak fitur-fitur yang berguna seperti, kolaborasi, explore, mengubah tema, navigasi, dan komentar.



Fitur - Fitur


Kolaborasi


Salah satu fitur yang menonjol dari Google Slides adalah memungkinkan beberapa pengguna mengerjakan satu file secara bersamaan. Fitur ini memudahkan pengguna dalam mengerjakan presentasi di berbagai tempat dan memaksimalkan efisiensi waktu untuk dikerjakan secara kelompok.

Explore


Selain fitur sebelumnya, Google Slides juga memiliki fitur explore. Fitur explore sendiri sangat berguna bagi pengguna Google Slides, karena pengguna tidak perlu susah-susah membuka tab baru untuk mencari hal yang dibahas.

Mengubah Tema
Di Google Slides, terdapat berbagai macam tema yang dapat diunduh secara online seperti di slidesgo.com maupun tema bawaan yang tersedia oleh Google Slides sendiri.

Cara merubah tema :
  • Klik “Slide”
  • Pilih tema yang diinginkan

Cara merubah tema dari slidesgo :
  • Masuk ke slidesgo.com
  • Pilih tema yang diinginkan
  • Klik “Use a Google Slides Theme”
  • Muncul tab baru, klik “Make a copy”
  • Tema siap digunakan

Navigasi
Google Slides memiliki banyak shortcut yang mudah digunakan, seperti untuk menambahkan slide, kita hanya perlu menekan tombol “+“ di bagian kiri atas atau tombol “∇” untuk melihat dan memilih variasi slide yang akan ditambahkan. Google Slides juga mempunyai beberapa tombol menu untuk digunakan mulai dari File sampai ke Bantuan tersedia di menu.

Komentar
Selain fitur Kolaborasi, Google Slides memiliki fitur komentar dan chat untuk memudahkan pengguna berkomunikasi perihal konten presentasi dan mengomentari konten presentasi. Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengerjakan presentasi dimana saja, siapa saja, dan kapan saja.

Penutup

Mungkin di atas adalah beberapa fitur yang disediakan oleh Google Slides yang saya ketahui, jika ada kesalahan mohon beritahu agar bisa diralat. Terima kasih









GSeptian

Alfariz Gilang Septian G64190066

Tidak ada komentar:

Posting Komentar