[TUGAS 7 PENERAPAN KOMPUTER] - Slicer dan Conditional Formating











Pendahuluan

Setelah kita membahas cara membuat chart, table, dan pivottable, sekarang kita akan mengenal slicer, conditional formatinh, dan icon sets.


Slicer


Hasil gambar untuk Slicer excel gif
Bagi anda yang setiap hari bekerja dengan data excel tentu tidak asing dengan penggunaan autofilter. Fasilitas filter ini berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data sesuai dengan kriteria tertentu. pada versi microsoft excel 2010 terdapat fitur baru bernama Slicer, kemudian di tambahkan lagi pada versi 2013 keatas dengan fitur Timeline Slicer.
Slicer adalah fasilitas excel yang berfungsi untuk memfilter data secara interaktif pada tabel dan PivotTable. memfilter menggunakan Slicer dan timeline slicer kita dapat meyaring data dengan cara yang berbeda dan lebih interaktif.



Conditional Formating

Conditional Formatting Excel - Untuk mempercantik tampilan serta memudahkan penglihatan kita terhadap data-data pada Microsoft Excel, terkadang kita perlu menandai sel-sel tertentu sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.
Secara umum conditional formatting biasa digunakan untuk menandai atau mewarnai cell secara otomatis.
Conditional formatting excel adalah salah satu fitur pada microsoft excel yang digunakan untuk mengubah format sel/range excel secara otomatis jika memenuhi syarat atau kriteria.
Format sel disini termasuk number format (format angka), font (jenis, ukuran, warna), border sel, dan juga warna background cell.
Hasil gambar untuk conditional formatting excel gifSetidaknya ada enam (6) Jenis kelompok atau kriteria Conditional Formatting yang disediakan Excel.
  1. Menandai (Format) semua sel terpilih berdasarkan nilai (isi sel tersebut)
  2. Menandai (Format) sel yang hanya berisi nilai tertentu
  3. Menandai (Format) sel berdasarkan nilai terendah atau tertinggi
  4. Menandai (Format) sel berdasarkan nilai rata-rata
  5. Menandai (Format) sel berdasarkan keunikannya (ada tidaknya nilai ganda/duplikat)
  6. Menandai (Format) sel berdasarkan formula atau rumus excel tertentu





GSeptian

Alfariz Gilang Septian G64190066

Tidak ada komentar:

Posting Komentar